8 Proses Alur Proses Grafik Komputer 3D

PROSES GRAFIK KOMPUTER


  • Modeling Transformation
  •      Modeling Transformations digunakan untuk menempatkan dalam sebuah model gambar pada sistem koordinat umum yang diinginkan, Semua objek, sumber cahaya dan sudut pandang 
pengamat, berada pada ruang, mungkin melibatkan perubahan dalam posisi, ukuran, dan orientasi.

  • Trivial Rejection
  •        Langkah berikutnya adalah sebuah optimization. Dalam tahap Trivial Rejection merender kita upaya menghilangkan benda apa pun yang tidak mungkin dapat dilihat. Tindakan ini menghapus beberapa pemandangan dari pemrosesan lebih lanjut.

  • Illumination
  •      Cahaya menyebabkan suatu objek dapat terlihat. Warna objek ditentukan dari properti material objek itu sendiri dan sumber cahaya pada tampilan tersebut. Algoritma Illuminasi tergantung pada model bayangan (shading model) dan model permukaan (surface model).

  • Viewing Transformation
  •        Viewing Transformation adalah bentuk lain dari koordinat sistem yang memetakan titik-titik yang ada pada ruang dunia ke ruang mata dan mengtur posisi pengamat ditransformasikan ke asalnya.

  • Clipping
  •      Merupakan identifikasi permukaan yang dapat dilihat dalam pandangan 3 Dimensi. Antialiasing segmen garis atau bagian suatu objek. Membuat objek dengan prosedur solid modelling. Menampilkan beberapa window. Membuat gambar dengan kemampuan memindahkan dan menghapus sebagian.

  • Projection
  •      Selanjutnya dilakukan kliping pada tampilan objek dalam gambaran volume 3D yang disebut viewing frustum. Pada tahap ini dilakukan eliminasi total pada objek (dan bagian objek) yang tidak visible bagi citra. Objek selanjutnya diproyeksikan ke dalam 2D. Transformasikan dari ruang mata ke ruang 
tampilan (screen space).

  • Rasterization
  •      Berasal dari sistem TV yang menggunakan kolom pixel. Keuntungannya adalah dapat menggambar benda (model) seperti dunia nyata dengan banyak variasi warna. Namun raster juga memiliki kekurangan yaitu memakan ukuran memory yang besar dan jika di perbesar, gambarnya akan pecah.

  • Display
  • Transformasi akhir, dari ruang koordinat tampilan (screen-space coordinate) ke viewport coordinate. Tahap rasterisasi melakukan scan objek dan mengkonversinya ke dalam pixel. Melakukan interpolasi parameter. Melakukan beragam operasi 2D.




Sumber :


http://groups.csail.mit.edu/graphics/classes/6.837/F00/Lecture10/Slide02.html

http://escience.anu.edu.au/lecture/cg/Transformation/modelingTransformations.en.html

http://sellypuspasari.blogspot.co.id/2014/11/alur-proses-grafik-komputer-3d.html

https://en.wikipedia.org/wiki/3D_modeling

https://www.siggraph.org/education/materials/HyperGraph/modeling/mod_tran/model0.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam - Macam Organisasi

Membuat Garis Horizontal, Vertikal, dan Diagonal